Wednesday, May 23, 2012

Irshad Manji Agama

Sebenarnya, siapakah Irshad Manji sehingga seperti musuh bersama? Dikutip dari blog pribadinya, Irshad adalah seorang wanita yang mengaku muslimah dari Kanada dengan aktivitas ingin membuat reformasi dalam Islam. Dia seperti ingin menggugat pakem Islam yang sudah ada, menjadi gaya Islam yang lebih liberal. Dia menilai, budaya yang muncul dari Islam mesti direformasi.

Agama Irshad juga mengampanyekan tentang diperbolehkannya aktivitas gay dan lesbian. Lewat program acara di Queer Television (QT), Kanada, Irshad Manji banyak melakukan eksplorasi kehidupan gay dan lesbian. Sontak langkah Irshad ini mendapat pujian dari pelaku homoseksual dan lesbian yang banyak terdapat di sana. QT pun pun mendapat penghargaan atas usahanya ini.

Dalam bukunya “Allah, Liberty, dan Cinta”, Irshad menganggap tidak perlu adanya ketakutan tentang Tuhan, sebab “Tuhan itu Cinta”. Implikasinya, aturan dalam Islam yang tidak menyenangkan hati juga kena imbasnya untuk tidak perlu digubris. Yang dilaksanakan adalah aturan yang sesuai dengan kesenangan dan cinta. Dan, homoseksual dan lesbian itu sah-sah saja baginya.

No comments: